Sunday, December 1, 2013

Kapan 4G LTE Bergulir di Indonesia?

Menara BTS [foto ilustrasi] 

Menara BTS

 
GoogleNewws.blogspot.com - Teknologi 4G Long Term Evolution (LTE) dipandang sebagai solusi untuk menyediakan akses data atau Internet yang lebih cepat.

Namun, penduduk Indonesia masih perlu bersabar untuk mencicipi teknologi Internet nirkabel generasi keempat ini, sebab lisensi teknologi 4G LTE belum diterbitkan oleh pemerintah.

Lalu, kapan regulasinya terbit?

Menurut Gatot S Dewa Broto, Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika, regulasi mengenai penerapan teknologi 4G LTE di Indonesia baru akan diselesaikan pada akhir 2013.

"Pak Menteri (Tifatul Sembiring) pernah mengatakan, paling cepat regulasi untuk 4G LTE selesai akhir 2013. Tapi, itu paling cepat ya," kata Gatot, di Jakarta, 29 November 2013.

Dia menambahkan, sebenarnya teknologi 4G LTE telah berjalan di frekuensi 2.300 Mhz dan memiliki izin penyelenggaraan. Artinya, jaringan 4G LTE di 2.300 Mhz sudah bisa dikomersialisasikan.

"Teknologi 4G LTE di frekuensi 2.300 Mhz sudah menerapkan teknologi netral, atau bisa diterjemahkan sebuah operator tertentu bisa menggunakan 4G LTE. Jadi, tidak hanya berjalan di frekuensi tertentu," ujar Gatot.

Sementara itu, sejumlah operator telekomunikasi juga menyatakan siap menerapkan teknologi 4G LTE di Indonesia. Tapi, regulasi untuk 4G LTE di Indonesia belum menemukan titik cerah.

Manjot Mann, Presiden Direktur Tri Indonesia mengatakan Tri (3) telah siap menggelar 4G LTE. "Kami sudah siap menyiapkan infrastruktur peranti keras untuk jaringan 4G LTE di Indonesia," kata Manjot, beberapa waktu lalu.

Begitu pun XL Axiata, yang menyatakan kesiapannya untuk menggelar jaringan 4G LTE kepada para pengguna.

"XL sebenarnya sudah siap untuk menggelar teknologi 4G LTE. Kami memiliki fasilitas yang memadai untuk dipakai pada jaringan LTE," kata Henry Wijayanto, Manager Public Relation XL.

Kedua operator itu juga mengatakan bahwa penggunaan 4G LTE di dunia banyak yang menggunakan spektrum 1.800 Mhz. Jadi, sebaiknya di Indonesia juga menggunakan spektrum 1.800 Mhz untuk penerapan teknologi 4G LTE.

Berlangganan artikel via email :

Delivered by Google Newws

Share On:

Related Post:

Belum ada komentar untuk "Kapan 4G LTE Bergulir di Indonesia?"

Post a Comment

Jika Ingin Memberikan Komentar Harap Memakai Bahasa yang SOPAN Jika Memakai Bahasa yang Tidak SOPAN Komentar Akan dihapus Karena Komentar Blog Google Newws Tidak Memakai Moderasi Komentar & Terbuka Untuk Siapapun

Terima Kasih

 
 
All Right Reserved - Google Newws | Share It
Design by Google Newws | Like Our Fanspage Google Newws