Saturday, January 11, 2014

Apa Yang Dimaksud Backlink Berkualitas? Bagaimana Cara Membangunnya?

Apa yang dimaksud Backlink berkualitas?
GoogleNewws.blogspot.com - Apa yang Dimaksud Backlink Berkualitas? - Backlink adalah link dari blog lain yang mengarah ke blog kita. Backlink ini memiliki peranan yang sangat penting dalam suatu blog.

Backlink yang baik juga didukung dengan Anchor Text yang baik juga. Anchor Text adalah teks yang terlihat oleh kita saat mengklik suatu link. Disamping penggunaan Anchor Text yang baik, kira-kira apakah menurut anda setiap backlink memiliki kualitas yang sama?

Pasti tidak..

Ada backlink yang memberikan kualitas peningkatan SEO yang baik bagi suatu blog, ada juga backlink yang memberikan pengaruh yang biasa-biasa saja, bahkan ada backlink yang malah mencederai posisi di halaman di google..

Jadi, mari kita bahas apa saja yang mempengaruhi kualitas sebuah backlink...

Relevansi Halaman Yang Kita Pasangi Backlink

Maksudnya adalah bahwa link yang datang dari halaman yang relevan (memiliki kesamaan topik dengan halaman kita) akan membawa jauh lebih banyak Kekuatan untuk situs kita dibanding link dari halaman yang tidak relevan.

Coba saja bayangkan, situs anda berjualan sepatu. Tapi punya link dari situs porno. Ya jelas aja ditendang Google… Situs anda jualan sepatu, tapi dapat link dari situs tentang sandal. Masih akan memberi anda link power, tapi tidak maksimal… kurang efektif dan efisien link nya… Situs anda jualan sepatu, dapat link dari situs tentang sepatu juga, nah…

Ini dia link yang powerful! tetap ingat bahwa meski anda ingin hal seperti ini, belum tentu hal ini bisa anda lakukan. Tergantung dari ceruk pasar yang anda miliki dan topik dari situs anda, mungkin anda tak akan pernah menemukan situs yang setopik dengan situs anda.


Domain Authority dan Page Authority Asal Link

Domain Authority adalah otoritas domain utama, sedangkan Page Auhtority adalah otoritas halaman yang ada di domain tersebut. DA atau PA ini dihitung dari angka 0 - 100, semakin tinggi nilainya maka semakin bagus backlink yang anda dapat.

Jika misal anda mendapat link dari halaman wikipedia dan page authority nya adalah 79 misalnya, karena wikipedia juga situs authority, maka backlink yang anda dapatkan nantinya juga akan semakin luar biasa.


Otoritas dari Situs (Link Authority)

Hal pertama yang paling penting adalah otoritas dari suatu situs. Jika anda mendapatkan link dari Wikipedia.org, maka anda bisa harapkan mendapatkan banyak link juice menuju ke situs anda. Jika misal anda mendapat link dari blog relevan PR 5 dibandingkan dengan anda mendapatkan link dari blog relevan PR 2, maka anda bisa harapkan ranking lebih tinggi dari blog relevan PR 5…

Kenapa?

Karena Google tahu bahwa situs-situs yang memiliki otoritas tinggi seperti Wikipedia hanya me-link ke sumber yang dapat dipercaya. Selain itu, Google menganggap bahwa blog ber PR tinggi (dengan authority) umumnya lebih ‘pemilih’ melakukan backlink pada situs yang kurang berkualitas.

Itu kenapa link dari blog PR tinggi juga diberi nilai link yang tinggi (meski tidak setinggi Wikipedia tentunya…) Umumnya, semakin tinggi PR semakin tinggi authority nya di mata Google – apalagi situs PR8+ ya ‘kan? - tapi ingat bahwa perkecualian selalu ada pada setiap aturan (kadangkali ada situs PR4 yang lebih dipercaya Google dibanding situs PR5).

Intinya adalah, link dari situs-situs dengan otoritas yang tinggi merupakan tanda super besar bagi Google untuk tahu bahwa situs yang di link benar-benar situs yang pantas mendapat rank tinggi di Google.

Pagerank Suatu Halaman Yang Kita Pasangi Link

Page rank merupakan ‘nilai’ yang Google berikan pada halaman di internet (ingat yah, halaman – BUKAN situs). Secara keseluruhan, memiliki PR yang tinggi menandakan seberapa kuat dan seberapa bisa dipercaya suatu halaman di mata Google.

Page rank pada suatu halaman (anggap saja halaman A) umumnya dikendalikan dan dikontrol melalui jumlah link yang mengarah ke suatu halaman tersebut (halaman A), siapa yang me link ke halaman A, dan berapa PR dari halaman yang memiliki link yang mengarah ke halaman A. Tapi PR juga kadang dikendalikan oleh faktor misterius yang menjadi rahasia Google sendiri.

Jika ada situs yang benar-benar bagus (situs NASA misalnya), meskipun halaman NASA tersebut memiliki sedikit backlink, tapi Google bisa secara manual memberikan page rank yang dianggapnya sesuai untuk halaman tersebut (hal ini amat jarang terjadi dan hanya Google lakukan pada situs yang benar-benar menakjubkan).

Salah satu hal yang anda inginkan dari backlink anda adalah backlink yang memiliki PR. Jika sebuah halaman memiliki PR, dan halaman tersebut me link ke halaman anda, maka anda bisa harapkan link juice yang amat banyak mengalir ke halaman anda yang akan berakibat pada peningkatan ranking anda di Google.

Dengan anda mengerti hal ini, anda sekarang tahu bahwa semakin tinggi PR dari sebuah halaman, semakin powerful link yang dihasilkan dari halaman tersebut.

Jumlah Outbound Link dari Halaman Yang Kita Pasangi Link

Artinya adalah jumlah link yang ada dalam satu halaman mempengaruhi kekuatan link yang keluar dari halaman tersebut. Semakin banyak link yang keluar dari sebuah halaman, maka semakin sedikit power dari masing-masing link.

Link dari halaman PR 9 yang mengarah ke situs anda, tapi di halaman yang sama juga memiliki satu milyar link yang mengarah ke halaman lain di situs lain mungkin akan bernilai lebih rendah dibanding link satu-satunya dari halaman PR 2 yang mengarah ke situs anda.

Tentu saja contohnya agak lebay, tapi saya harap anda paham maksud saya. Tapi karena tidak ada yang benar-benar tahu seberapa kuat kekuatan link PR 5 dengan outbound link 300 dibandingkan link PR 4 dengan outbound link 4, tentu saja hal ini hanya benar hingga tingkat tertentu saja. Intinya adalah jika anda ingin membangun link di suatu halaman, perhatikan juga jumlah link yang ada di sana.

Memiliki banyak link memang bagus, tapi tidak ada artinya memiliki banyak link yang mengarah ke halaman yang sama dari satu halaman yang sama. Misal, 4 link dari halaman blog blogspot ke halaman situs utama anda, meskipun dengan anchor text yang berbeda-beda.


Tipe Situs Asal Link (Link Types)

Google tahu benar dari mana dan dari situs jenis apa link anda berasal. Untuk memastikan situs anda ranking tinggi oleh Google, tentunya Google harus bisa tahu dimana link anda, sehingga ia bisa menghitung kekuatan total dari link-link yang anda miliki, dan kemudian menyesuaikan posisi anda di search engine berdasarkan total kekuatan link yang anda miliki.

Google sadar bahwa ada situs seperti article directories atau situs social bookmark yang memberikan link dengan sangat gampang tanpa filter (atau minim filter). Google juga sadar bahwa link dari blog comment (komentar blog) lebih mudah didapatkan dibandingkan dengan link di badan artikel. Oleh karenanya tentu saja Google akan men ‘diskon’ link yang berasal dari situs-situs dan tempat-tempat seperti ini.

Selain itu, Google juga tahu bahwa ada situs yang ‘kerjanya’ menghasilkan link spam. Situs-situs seperti forum profile dengan PR n/a, blog comment dengan PR n/a, halaman wiki dengan PR n/a, trackback dari halaman ber PR n/a, dan lain-lain.

Sekali lagi, Google tidak akan memberikan banyak perhatian untuk link-link seperti ini (sebagian besar link yang berasal dari situs semacam ini akan didiskon oleh Google dan bahkan mungkin bisa melukai posisi anda di search engine.

Di saat yang sama Google tahu bahwa ada beberapa situs seperti blog, press release, yahoo answers, situs berita, dan situs otoritas lain yang lebih sulit untuk mau dan lebih jarang untuk nge-link ke situs lain.

Oleh karenanya secara logis link yang berasal dari halaman-halaman semacam ini membawa lebih banyak power dan link juice dibanding link dari situs-situs lain.

Posisi letak Juga Berpengaruh Pada Kualitas Backlink

Relatif mudah bagi webmaster untuk menyelipkan link di bagian footer, atau sidebar, atau header. Beberapa webmaster yang ahli kode HTML, CSS, dan PHP bahkan membuat theme atau plugin gratis dan membubuhkan link ke situs mereka di bagian footer, header, atau sidebar.

Beberapa situs juga menjual link di sidebar mereka. Google tahu hal ini dan oleh karenanya Google memberikan nilai yang lebih sedikit bagi link yang terletak di bagian ini. Tentu saja link di bagian footer, header, dan sidebar masih memiliki nilai.

Di situs dengan PR yang tinggi, link di bagian footer tetap saja link yang amat sangat powerful. Tapi letak link terbaik adalah link yang diletakkan secara kontekstual. Dan yang dimaksud dengan link kontekstual adalah link yang diletakkan secara alami di badan artikel, disisipkan di antara kalimat dan paragraf (tidak disendirikan).

Jadi, itulah faktor-faktor yang menentukan kualitas sebuah backlink. Semoga bermanfaat untuk anda, dan salam senyum...

Berlangganan artikel via email :

Delivered by Google Newws

Share On:

Related Post:

Belum ada komentar untuk "Apa Yang Dimaksud Backlink Berkualitas? Bagaimana Cara Membangunnya? "

Post a Comment

Jika Ingin Memberikan Komentar Harap Memakai Bahasa yang SOPAN Jika Memakai Bahasa yang Tidak SOPAN Komentar Akan dihapus Karena Komentar Blog Google Newws Tidak Memakai Moderasi Komentar & Terbuka Untuk Siapapun

Terima Kasih

 
 
All Right Reserved - Google Newws | Share It
Design by Google Newws | Like Our Fanspage Google Newws