Friday, December 13, 2013

Asal Usul Lagu Oplosan

" Opo ora eman duite
gawe tuku banyu setan
opo ora mikir yen mendem
iku biso ngrusak pikiran
ojo diteruske mendemme
mergo ora ono untunge
yo cepet lerenono mendemu
ben dowo umurmu

Ugo sawangen kae kanca kancamu
akeh sing podo gelempangan
ugo akeh sing kelesetan ditumpakke ambulan
yo wes cukupno anggonmu mendem
yo wes cukup anggonmu gendeng
yo mari mari o yo leren leren no
ojo diterus terusno

Tutupen botolmu tutupen oplosanmu
emanen nyowomu ojo mbok terus teruske
mergane ora ono gunane

Tutupen botolmu tutupen oplosanmu
emanen nyowomu ojo mbok terus teruske
mergane ora ono gunane "



Pernah dengar lagu tersebut. Ataupun anda pernah menonton Yuk KeepSmile, ya lagu ini di pakai oleh Cesar untuk Goyangan terbarunya, Lagu yang kental dengan bahasa jawa ini mempunyai makna yang sangat dalam bagi yang mengerti arti dari lagu tersebut, untuk saat ini lagu oplosan memang sangat fenomenal di tambahkan lagi yang menyanyikan adalah SOIMAH, sebetulnya lagu ini sudah di kenal di Dunia PerDangdutan Jawa Timur sejak 2012 lalu.



Tak banyak yang tahu pula siapa yang menciptakan lagu Oplosan. mengingat banyaknya Orkes dangdut jawa Timur yang membawakan lagu ini.

Pewarta ItusihCOM mencoba menelusuri jejak sang pencipta lagu oplosan. Untuk jejak pertama Crew mencoba menyambangi Salah satu daerah di jawa Timur dan mulai menanyakan kepada Pimpinan Orkes dangdut jawa timur.

menurut pengakuan dari beliau yang tidak mau di sebutkan namanya "Lagu oplosan itu adalah lagu Religi sebetulnya mengingat banyaknya arti kehidupan yang banyak kita jumpai.." istilah Oplosan adalah jenis bentuk minuman keras maupun alkohol yang telah di campur dengan apapun itu. tidak banyak pula minuman oplosan ini merenggut banyak nyawa.

gak banyak yang tahu bahwa yang menciptakan lagu oplosan adalah seorang wanita. sang pimpinan orkes tersebut mengatakan bahwa . lagu oplosan di buat untuk mengingatkan kepada kita agar tidak meminum, membeli yang namanya oplosan,

Di ceritakan lagu tersebut terinspirasi oleh kekasihnya sang wanita tersebut, pak Pimpinan Orkes tersebut mulai menceritakan awal mula terbentuknya lagu oplosan di sertai cerita yang mungkin akan menggugah para penggemar Minuman Oplosan.

Di ceritakan seorang gadis bernama Amel yang telah berumur kira-kira 20 tahun dia mempunyai seorang kekasih yang bernama Rino. mereka saling mencintai dan kira-kira satu minggu lagi mereka akan menikah. betapa senangnya si amel . pada suatu hari amel melihat Rino sedang minum-minuman beralkohol. betapa marahnya Amel seketika itu.

"Maafin aku mel. Aku tadi khilaf , diajak teman-temanku... " Ku baca SMS dari Rino.
Aku membayangkan aku sudah terlalu mencintai Dia apapun yang terjadi dia tetap calon suamiku pendamping hidupku. akhirnya aku melupakanya menganggapnya tak pernah melakukan itu. hari demi haripun telah terlewati hari ini adalah hari pernikahan amel dan rino.
Jono teman Rino ku lihat membawa se tangki kecil air gak tahulah. karena akupun lagi sibuk menemani teman-temanku yang sudah datang dari pagi...

"RINO...  BANGUN RINO...." ku dengar teriakan dari dalam kamar yang membuatku kaget dan terasa lemas segera ku menuju asal suara tadi
tak kusangka rio terkapar dengan menutup mata. air mataku menetes..
Rino.... Jangan tinggalin aku Rino...... aku gak bisa hidup tanpamu... hatiku terasa hilang, jiwaku mati seketika.

"RINO AKU SAYANG KAMU...." ku teriak serta membuka mata. ku telah pingsan beberapa jam . orang-orang di sekelilingkungmu menatapku aneh dan ku peluk ibu'ku yang telah dari tadi duduk di sampingku.

"Nak.... Ikhlaskan kepergian Rino ya..." Bisik Ibu...
"Tapi bu..... ? Jawabku
Sudahlah nak. mungkin dia belum jodohmu ...? " ungkap Ibu

Tapi dalam hatiku menangis melihat orang yang aku sayangi mati sia-sia karena minuman Oplosan . aku sangat kehilanganmu Rino kamu selalu di hatiku... aku akan selalu menjagamu. jauhilah Minuman - minuman seperti itu karena minuman itupun akan memisahkan dengan orang yang kalian cintai. biarkanlah kejadian ini lagu ini selalu menjadi penyemangat hidupku untuk menatap masa depan. Menatap Hidup kesendirianku meskipun aku gak tahu apakah aku bisa hidup lama tanpamu rino.

Berlangganan artikel via email :

Delivered by Google Newws

Share On:

Related Post:

Belum ada komentar untuk "Asal Usul Lagu Oplosan"

Post a Comment

Jika Ingin Memberikan Komentar Harap Memakai Bahasa yang SOPAN Jika Memakai Bahasa yang Tidak SOPAN Komentar Akan dihapus Karena Komentar Blog Google Newws Tidak Memakai Moderasi Komentar & Terbuka Untuk Siapapun

Terima Kasih

 
 
All Right Reserved - Google Newws | Share It
Design by Google Newws | Like Our Fanspage Google Newws